DASAR PEMASARAN
PENGERTIAN KONSEP DAN
LINGKUP PEMASARAN
BAB I
Nama
: Atika Setyaningsih
Kelas
: 1EB17
NPM
: 21213483
FAKULTAS
EKONOMI / AKUNTANSI SI
UNIVERSITAS
GUNADARMA
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang
telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup yang kita
jalani ini akan selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di alam dunia ini,
terlebih lagi pada kehidupan akhirat kelak, sehingga semua cita-cita serta
harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah tercapai dan penuh
manfaat.
Terima kasih sebelum dan
sesudahnya saya ucapkan kepada Dosen serta teman-teman sekalian
yang telah membantu, baik bantuan berupa moriil maupun materil, sehingga
makalah ini terselesaikan dalam waktu yang telah ditentukan.
Saya menyadari sekali, didalam penyusunan
makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangannya,
baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian kepada
dosen serta teman-teman sekalian, yang kadangkala hanya menturuti egoisme
pribadi, untuk itu besar harapan saya jika ada kritik dan saran yang
membangun untuk lebih menyempurnakan makalah-makah saya dilain waktu.
Harapan yang paling besar dari penyusunan
makalah ini ialah, mudah-mudahan apa yang saya susun ini penuh manfaat, baik
untuk pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau
menyempurnakan lagi atau mengambil hikmah dari judul ini sebagai tambahan dalam
menambah referensi yang telah ada.
Depok,
08 Mei 2014
Penyusun
DAFTAR ISI
1.
PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN
1.1. Pengertian dan Ruang Lingkup Pemasaran
1.2. Perkembangan dan Sejarah Pemikiran Tentang
Pemasaran
1.3. Konsep dan Orientasi Pemasaran
1.4. Fungsi Universal dan Tantangan Pemasaran
Pemasaran
A. Pengertian
dan Ruang Lingkup Pemasaran
1. Pengertian
Pemasaran
Pemasaran
adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta
mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.
2. Unsur
Pemasaran
Pemasaran memiliki 9 unsur inti yang
berpengaruh:
-
Kebutuhan
Masyarakat
-
Keinginan
Masyarakat
-
Permintaan
Masyarakat
-
Produk yang
diciptakan
-
Nilai dan
Kepuasan yang diperoleh
-
Pertukaran
-
Transaksi
-
Relationship
-
Pasar
3. Konsep
Pemasaran
Pemasaran
berarti bekerja dengan pasar untuk mewujudkan pertukaran potensial dengan
maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga konsep pemasaran
kembali lagi pada definisi pemasaran yaitu sebagai proses dimana individu dan
kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan menciptakan
dan menukarkan produk atau jasa dengan sesamanya.
4. Falsafah dan
Pemikiran Pemasaran
Falsafah
pemasaran terdiri dari 5 unsur konsep:
-
Konsep Produksi, pada konsep ini manajemen berkonsentrasi pada
peningkatan efisiensi distribusi dan produksi
-
Konsep Produk, pada konsep ini perusahaan dituntut untuk menawarkan
mutu dan kinerja yang terbaik, sehingga perusahaan harus secara kontinu
melakukan perbaikan pada produk.
-
Konsep Penjualan, pada konsep ini perusahaan akan
menjalankan suatu usaha promosi dan penjualan terhadap produk yang dihasilkan.
-
Konsep Pemasaran, pada konsep ini perusahaan akan
dituntut untuk memproduksi apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan,
sehingga perusahaan mendapatkan laba dari hasil produksi tersebut.
-
Konsep Pemasaran Masyarakat, pada konsep ini perusahaan dituntut
untuk dapat menentukan kebutuhan dan keinginan masyarakat sehingga secara
efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Konsep ini merupakan konsep kembangan
dari konsep Pemasaran. Pada konsep ini perusahan dituntut untuk lebih
memikirkan keseimbangan 3 aspek; Masyarakat, Konsumen, Perusahaan.
B. Perkembangan
dan Sejarah Pemasaran
Pemasaran pertama kali diajarkan dalam kelas di
University of Michigan tahun 1906 oleh ED.Jones. Dari sudut Advertising,
pemasaran sudah berkembang lebih dulu pada abad-19. Pada masa itu ilmu tentang
pemasaran berkembang. Saat itu pemasaran dibagi menjadi 3 komponen, yaitu
Advertising, Selling dan Distribution.
Lalu Ilmu pemasaran juga ikut berkembang di lingkup
akademisi. Pada masa ini ilmu pemasaran mengalami modernisasi pemikiran dan
pemanfaatan ilmu-ilmu laun yang relevan dalam bidang pemasaran seperti
psikologi sosial.
Pemasaran
juga berkembang di kelompok konsultan, dimana pemikiran para konsultan
cenderung mengarah pada pengamatan dan observasi yang bersifat subjektif.
Pada kelompok praktisi, ilmu pemasaran lebih
berorientasi pada pengalaman pribadi selama mereka bekerja di bidang pemasaran,
sehingga pemikiran mereka cenderung aplikatif.
Perkembangan pemasarang kekinian seperti Customer
Relationship Marketing, Precision Marketing, Marketing on the Internet,
membuktikan bahwa perkembangan ilmu pemasaran juga dipengaruhi oleh
perkembangan tekhnologi khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi
C. Konsep dan
Orientasi Pemasaran
Peter Drucker, mengatakan bahwa Tujuan pemasaran
adalah membuat penjualan berlebihan. Manajemen Pemasaran adalah analisis,
perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang untuk
menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan
pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.
Ada 4
alternatif jawaban untuk Tujuan Sistem Pemasaran:
-
Memaksimumkan
Konsumsi
-
Memaksimumkan
Kepuasan Konsumen
-
Memaksimumkan
Mutu Hidup
-
Memaksimumkan
Pilihan
D. Fungsi
Universal dan Tantangan Pemasaran
Pemasaran beroperasi dalam lingkungan global yang
dinamis. Terdapat 3 unsur yang menjadi kekuatan kunci yang mempengaruhi dan
menjadi tantangan bagi pemasaran untuk berkembang:
1. Globalisasi yang Cepat
Pada saat
ini pemasaran memasuki sebuah lingkungan yang lebih kompleks karena banyaknya
alternative yang ditawarkan oleh tekhnologi.
2. Ekonomi Dunia yang Berubah
Keadaan ekonomi menciptakan masalah
sekaligus peluang bagi pemasaran.
3. IPerlunya
etika dan Tanggung Jawab Sosial yang lebih besar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar