Selasa, 20 Mei 2014

DASAR PEMASARAN
PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN
BAB I


        Nama                   :  Atika Setyaningsih
                             Kelas                   :  1EB17
                             NPM                    :  21213483





FAKULTAS EKONOMI / AKUNTANSI SI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014



KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di alam dunia ini, terlebih lagi pada kehidupan akhirat kelak, sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah tercapai dan penuh manfaat.
Terima kasih sebelum dan sesudahnya saya ucapkan kepada  Dosen serta teman-teman sekalian yang telah membantu, baik bantuan berupa moriil maupun materil, sehingga makalah ini terselesaikan  dalam waktu yang telah ditentukan.
Saya menyadari sekali, didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangannya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian  kepada dosen serta teman-teman sekalian, yang kadangkala hanya  menturuti egoisme pribadi, untuk itu besar harapan saya jika ada kritik dan saran  yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah-makah saya dilain waktu.
Harapan yang paling besar dari penyusunan makalah ini ialah, mudah-mudahan apa yang saya susun ini penuh manfaat, baik untuk pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan lagi atau mengambil hikmah dari judul ini sebagai tambahan dalam menambah referensi yang telah ada.





Depok, 08 Mei 2014



Penyusun
DAFTAR ISI

 1.       PENGERTIAN KONSEP DAN LINGKUP PEMASARAN
1.1.    Pengertian dan Ruang Lingkup Pemasaran
1.2.    Perkembangan dan Sejarah Pemikiran Tentang Pemasaran
1.3.    Konsep dan Orientasi Pemasaran
1.4.    Fungsi Universal dan Tantangan Pemasaran






Pemasaran



A.   Pengertian dan Ruang Lingkup Pemasaran

1.    Pengertian Pemasaran

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan cara menciptakan serta mempertukarkan produk dan nilai dengan pihak lain.


2.    Unsur Pemasaran

Pemasaran memiliki 9 unsur inti yang berpengaruh:
-       Kebutuhan Masyarakat
-       Keinginan Masyarakat
-       Permintaan Masyarakat
-       Produk yang diciptakan
-       Nilai dan Kepuasan yang diperoleh
-       Pertukaran
-       Transaksi
-       Relationship
-       Pasar


3.    Konsep Pemasaran

Pemasaran berarti bekerja dengan pasar untuk mewujudkan pertukaran potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Sehingga konsep pemasaran kembali lagi pada definisi pemasaran yaitu sebagai proses dimana individu dan kelompok memperoleh apa yang mereka inginkan dan butuhkan dengan menciptakan dan menukarkan produk atau jasa dengan sesamanya.


4.    Falsafah dan Pemikiran Pemasaran

Falsafah pemasaran terdiri dari 5 unsur konsep:
-       Konsep Produksi, pada konsep ini manajemen berkonsentrasi pada peningkatan efisiensi distribusi dan produksi
-       Konsep Produk, pada konsep ini perusahaan dituntut untuk menawarkan mutu dan kinerja yang terbaik, sehingga perusahaan harus secara kontinu melakukan perbaikan pada produk.
-       Konsep Penjualan, pada konsep ini perusahaan akan menjalankan suatu usaha promosi dan penjualan terhadap produk yang dihasilkan.
-       Konsep Pemasaran, pada konsep ini perusahaan akan dituntut untuk memproduksi apa yang diinginkan dan dibutuhkan oleh pelanggan, sehingga perusahaan mendapatkan laba dari hasil produksi tersebut.
-       Konsep Pemasaran Masyarakat, pada konsep ini perusahaan dituntut untuk dapat menentukan kebutuhan dan keinginan masyarakat sehingga secara efektif dan efisien dibandingkan para pesaing. Konsep ini merupakan konsep kembangan dari konsep Pemasaran. Pada konsep ini perusahan dituntut untuk lebih memikirkan keseimbangan 3 aspek; Masyarakat, Konsumen, Perusahaan.





B.   Perkembangan dan Sejarah Pemasaran

Pemasaran pertama kali diajarkan dalam kelas di University of Michigan tahun 1906 oleh ED.Jones. Dari sudut Advertising, pemasaran sudah berkembang lebih dulu pada abad-19. Pada masa itu ilmu tentang pemasaran berkembang. Saat itu pemasaran dibagi menjadi 3 komponen, yaitu Advertising, Selling dan Distribution.
Lalu Ilmu pemasaran juga ikut berkembang di lingkup akademisi. Pada masa ini ilmu pemasaran mengalami modernisasi pemikiran dan pemanfaatan ilmu-ilmu laun yang relevan dalam bidang pemasaran seperti psikologi sosial.
Pemasaran juga berkembang di kelompok konsultan, dimana pemikiran para konsultan cenderung mengarah pada pengamatan dan observasi yang bersifat subjektif.
Pada kelompok praktisi, ilmu pemasaran lebih berorientasi pada pengalaman pribadi selama mereka bekerja di bidang pemasaran, sehingga pemikiran mereka cenderung aplikatif.

Perkembangan pemasarang kekinian seperti Customer Relationship Marketing, Precision Marketing, Marketing on the Internet, membuktikan bahwa perkembangan ilmu pemasaran juga dipengaruhi oleh perkembangan tekhnologi khususnya dalam bidang informasi dan komunikasi




C.   Konsep dan Orientasi Pemasaran

Peter Drucker, mengatakan bahwa Tujuan pemasaran adalah membuat penjualan berlebihan. Manajemen Pemasaran adalah analisis, perencanaan, pelaksanaan dan pengendalian atas program yang dirancang untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran dengan maksud untuk mencapai sasaran organisasi.

Ada 4 alternatif jawaban untuk Tujuan Sistem Pemasaran:
-       Memaksimumkan Konsumsi
-       Memaksimumkan Kepuasan Konsumen
-       Memaksimumkan Mutu Hidup
-       Memaksimumkan Pilihan

D.   Fungsi Universal dan Tantangan Pemasaran

Pemasaran beroperasi dalam lingkungan global yang dinamis. Terdapat 3 unsur yang menjadi kekuatan kunci yang mempengaruhi dan menjadi tantangan bagi pemasaran untuk berkembang:

1.    Globalisasi yang Cepat
Pada saat ini pemasaran memasuki sebuah lingkungan yang lebih kompleks karena banyaknya alternative yang ditawarkan oleh tekhnologi.

2.    Ekonomi Dunia yang Berubah
Keadaan ekonomi menciptakan masalah sekaligus peluang bagi pemasaran.


3.    IPerlunya etika dan Tanggung Jawab Sosial yang lebih besar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar