DASAR
PEMASARAN
PERILAKU
PASAR
BAB III
Nama
: Atika Setyaningsih
Kelas
: 1EB17
NPM
: 21213483
FAKULTAS EKONOMI / AKUNTANSI SI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2014
KATA
PENGANTAR
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita
berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup yang kita jalani ini akan
selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di alam dunia ini, terlebih lagi pada
kehidupan akhirat kelak, sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita
capai menjadi lebih mudah tercapai dan penuh manfaat.
Terima kasih sebelum dan sesudahnya saya ucapkan
kepada Dosen serta teman-teman sekalian yang telah membantu, baik bantuan
berupa moriil maupun materil, sehingga makalah ini terselesaikan dalam
waktu yang telah ditentukan.
Saya menyadari sekali, didalam penyusunan makalah ini masih jauh
dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangannya, baik dari segi tata
bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian kepada dosen serta teman-teman
sekalian, yang kadangkala hanya menturuti egoisme pribadi, untuk itu
besar harapan saya jika ada kritik dan saran yang membangun untuk lebih
menyempurnakan makalah-makah saya dilain waktu.
Harapan yang paling besar dari penyusunan makalah ini ialah,
mudah-mudahan apa yang saya susun ini penuh manfaat, baik untuk pribadi,
teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan lagi
atau mengambil hikmah dari judul ini sebagai tambahan dalam menambah referensi
yang telah ada.
Depok, 08 Mei 2014
DAFTAR ISI
3.
PERILAKU PASAR
3.1.
Karakteristik yang Mempengaruhi Pembelian
3.2.
Proses Keputusan Membeli
3.3.
Pasar Konsumen
3.4.
Pasar Industri
3. PERILAKU PASAR
Perilaku pasar
adalah pola kebiasan pasar meliputi proses (mental) pengambilan keputusan serta
kegiatan fisik individual atau organisasional terhadap produk tertentu,
konsisten selama periode waktu tertentu. Kegiatan-kegiatan perilaku meliputi
tindakan penilaian, keyakinan, usaha memperoleh, pola penggunaan, maupun penolakan
suatu produk.
3.1.
Karakteristik yang Mempengaruhi Pembelian
Perilaku
konsumen adalah suatu tingkah laku dari konsumen, dimana mereka dapat
mengilustrasikan pencarian untuk membeli, menggunakan, mengevaluasi dan
memperbaiki suatu produk dan jasa mereka. Focus dari perilaku konsumen adalah
bagaimana individu membuat keputusan untuk menggunakan sumber daya mereka yang
telah tersedia untuk mengkonsumsi suatu barang. Selain itu, ada beberapa
pengertian perilaku konsumen menurut para ahli, antara lain :
Ada dua wujud konsumen yaitu :
1. Personal Consumer : konsumen ini
membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen
ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan
organisasi tersebut.
Berdasarkan landasan teori, ada dua
faktor dasar yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu :
A. Faktor
eksternal
adalah
merupakan faktor yang meliputi pengaruh keluarga, kelas sosial, kebudayaan,
marketing strategy, dan kelompok referensi. Kelompok referensi merupakan
kelompok yang memiliki pengaruh langsung maupun tidak langsung pada sikap dan
perilaku konsumen. Kelompok referensi akan mempengaruhi perilaku seseorang
dalam pembelian dan sering dijadikan pedoman oleh konsumen dalam bertingkah
laku.
B. Faktor
internal
adalah merupakan faktor yang termasuk adalah
motivasi, persepsi, sikap, gaya hidup, kepribadian dan belajar. Belajar
menggambarkan perubahan dalam perilaku seseorang individu yang bersumber dari
pengalaman. Seringkali perilaku manusia diperoleh dari mempelajari sesuatu.
3.2.
Proses Keputusan Membeli
Keputusan
membeli dipengaruhi oleh karakteristik pribadi seperti umur dan tahap daur
hidup pekerjaan, situasi ekonomi, gaya hidup, serta kepribadian dan konsep diri
pembeli.
3.3.
Pasar Konsumen
Pasar Konsumen
adalah semua individu dan rumah tangga yang membeli atau mendapatkan barang
atau jasa untuk konsumsi pribadi. Sedangkan menurut salah satu ahli pemasaran
pasar konsumen adalah pasar yang dimana
pembelinya adalah individual yang membeli produk untuk digunakan atau
disewakan.
3.4.
Pasar Industri
Pasar Industri merupakan
semua organisasi yang membeli barang dan jasa untuk di gunakan memproduksi barang dan jasa lain yang di
jual, di sewakan, atau ke perusahaan lain .
A . Proses Pembelian Pasar Industri
Proses
pengambilan keputusan yang dilakukan oleh pembeli pasar industri untuk
menetapkan kebutuhan akan produk dan jasa yang harus di beli dan untuk
mengidentifikasikan, mengevaluasikan, dan memilih dari berbagai alternatif
merek dan pemasok .
B . Karakteristik Pasar Industri
Struktur dan Permintaan Pasar
·
Pasar industri memilih
lebih sedikit pembeli tetapi besar nilainya .
·
Pelanggan pasar
industri lebih terkosentrasi secara geografis .
·
Permintaan pembeli
industri merupakan turunan dari permintaan konsumen akhir .
·
Permintaan di pasar
industri lebih inelastic - kurang terpengaruh oleh perubahan harga jangka
pendek .
·
Permintaan di pasar
industri lebih berluktuatif dan lebih cepat .
Sifat Unit Pembelian
·
Pembelian di pasar
industri melibatkan lebih banyak pembelian .
·
Pembelian pasar
industri melibatkan usaha pembelian yang lebih profesional .
Berbagai Tipe Keputusan dan Proses Pengambilan Keputusan
·
Pembeli di pasar
industri biasanya menghadapi pengambilan keputusan yang kompleks.
·
Proses pembelian
industri lebih formal.
·
Dalam pembelian di
pasar industri, penjual dan pembeli
bekerja lebih erat dan membangun hubungan jangka panjang.
Sumber :
http://id.wikipedia.org/wiki/Perilaku_konsumen
http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2011/10/perilaku-konsumen-dalam
menentukan-keputusan-pembelian
Tidak ada komentar:
Posting Komentar