Sabtu, 30 November 2013

#Softskill Pengantar Bisnis "Ruang lingkup Bisnis" BAB I

PENGANTAR BISNIS
RUANG LINGKUP BISNIS
BAB I











                             Nama          :  Atika Setyaningsih
                             Kelas           :  1EB17
                             NPM           :  21213483


FAKULTAS EKONOMI / AKUNTANSI SI
UNIVERSITAS GUNADARMA
2013

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa yang telah memberikan kita berbagai macam nikmat, sehingga aktifitas hidup yang kita jalani ini akan selalu membawa keberkahan, baik kehidupan di alam dunia ini, terlebih lagi pada kehidupan akhirat kelak, sehingga semua cita-cita serta harapan yang ingin kita capai menjadi lebih mudah tercapai dan penuh manfaat.
Terima kasih sebelum dan sesudahnya saya ucapkan kepada  Dosen serta teman-teman sekalian yang telah membantu, baik bantuan berupa moriil maupun materil, sehingga makalah ini terselesaikan  dalam waktu yang telah ditentukan.
Saya menyadari sekali, didalam penyusunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan serta banyak kekurangan-kekurangannya, baik dari segi tata bahasa maupun dalam hal pengkonsolidasian  kepada dosen serta teman-teman sekalian, yang kadangkala hanya  menturuti egoisme pribadi, untuk itu besar harapan saya jika ada kritik dan saran  yang membangun untuk lebih menyempurnakan makalah-makah saya dilain waktu.
Harapan yang paling besar dari penyusunan makalah ini ialah, mudah-mudahan apa yang saya susun ini penuh manfaat, baik untuk pribadi, teman-teman, serta orang lain yang ingin mengambil atau menyempurnakan lagi atau mengambil hikmah dari judul ini sebagai tambahan dalam menambah referensi yang telah ada.

Jakarta, 05 November  2013


Atika Setyaningsih

DAFTAR ISI

Kata Pengantar……………………………….………………………………………………………......
Daftar Isi ………………………………………………………………………………………………....
BAB I.  Pendahuluan …………………………………………………..………………………………....
A.     Latar Belakang………………………………………….…………………....……………….
B.     Rumusan Masalah………….…………………………………………………………………

BAB II. Pembahasan…………………………………………………………………………………..…
A.     Pengertian Bisnis dan Jenisnya …….….……….…………...…………………………………
B.     Tujuan Kebijakan Bisnis………………...…………..………………………………………...
C.     Sistem perekonomian dan Pasar…….………………………………………………………...
D.     Kesempatan Bisnis/Usaha………….…………………………………………………………
E.      Unsur-unsur Penting dalam Aktivitas Ekonomi…….……………………………………….….
F.      Hakikat Bisnis………………………………………………………………………………..
G.     Mengapa Belajar Bisnis……………………………………………………………………....

BAB III. Penutup…………………........………………………………………………………………...
A.     Kesimpulan……………........………………………………………………………………..

Daftar Pustaka ………………………........……………………………………………………………...








BAB I
PENDAHULUAN

A.     LATAR BELAKANG

Di zaman sekarang ini banyak pengusaha yang membuka usahanya tanpa mengetahui konsep konsep dasar berdagang, akibatnya banyak pengusaha yang menutup usahanya dikarenakan pendapatan mereka jauh lebih kecil dibandingkan pemasukannya.


B.     TUJUAN

Penulis berharap makalah ini dapat menambah pengetahuan, wawasan, serta dapat mengajak generasi muda tertatik untuk membuka bisnis sendiri dan dikelola sendiri.



C.     METODE PENULISAN

Penulis menggunakan metode membaca bahan dan mendapatkan referensi dari internet kemudian menyimpulkannya.





Bab II

PEMBAHASAN
Ruang Lingkup Bisnis

Pengertian Bisnis Dan Jenisnya
·     
Pengertian Bisnis
Dilihat dari asal katanya Bisnis berasal dari bahasa Inggris yang berarti :Perusahaan,Urusan atau Usaha. Maksudnya bisnis ialah suatu kegiatan usaha individu yang terorganisasi untuk menghasilkan dan menjual barang dan jasa guna mendapatkan keuntungan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.Secara garis umum,kegiatan ini ada dalam masyarakat,dan ada dalam atingy. Orang yang berusaha menggunakan uang dan waktunya denggan menanggung resikodalam menjalankan kegiatan bisnis disebutentrepreneur. Untuk Menjalankan kegiatan bisnis maka entrepreneur harus mengkombinasikan enpat macam sumber yaitu : material,human,financial dan informasi. 
“Pandangan lain menyatakan bahwa bisnis adalah sejumlah total usaha yang meliputi pertanian,produksi,konstruksi,distribusi,transportasi,komunikasi,usaha jasa,dan pemerintahan.
Istilah Bisnis pada umumnya ditekankan pada 3 hal yaitu: usaha-usaha perorangan kecil-kecilan  dalam bidang barang dan jasa, usaha perusahaan besar seperti pabrik, transport, perusahaan surat kabar, hotel dan sebagainya, dan usaha dalam bidang struktur ekonomi suatu bangsa.
“Pendapat ketiga ini akan sangat luas sekali sebab mencakup usaha-usaha yang dilakukan oleh pihak pemerintah dan swasta, baik yang mengejar laba ataupun tidak.
Brown dan Petrello (1976)  menyatakan bahwa “Business is an institution which produces goods and services demanded by people”.  Artinya bisnis ialah suatu lembaga yang menghasilkan barang dan jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat.
















*Jenis Bisnis

4.      Monopsoni
Monopsoni, adalah keadaan dimana satu pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.Kondisi Monopsoni sering terjadi didaerah-daerah Perkebunan dan atingy hewan potong (ayam), sehingga posisi tawar menawar dalam harga bagi petani adalah nonsen. Perlu diteliti lebih jauh dampak fenomena ini, apakah ada ating-faktor lain yang menyebabkan Monopsoni sehingga tingkat kesejahteraan petani berpengaruh.
Contohnya : hanya ada satu perusahaan yang menangani kereta api di Indonesia yaitu, PT.KAI


2. Monopoli
(dari bahasa Yunanimonos, satu + polein, menjual) adalah suatu bentuk pasar di mana hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. Penentu harga pada pasar ini adalah seorang penjual atau sering disebut sebagai “monopolis”.
Sebagai penentu harga (price-maker), seorang monopolis dapat menaikan atau mengurangi harga dengan cara menentukan jumlah barang yang akan diproduksi; semakin sedikit barang yang diproduksi, semakin mahal harga barang tersebut, begitu pula sebaliknya. Walaupun demikian, penjual juga memiliki suatu keterbatasan dalam penetapan harga. Apabila penetapan harga terlalu mahal, maka orang akan menunda pembelian atau berusaha mencari atau membuat barang subtitusi (pengganti) produk tersebut atau —lebih buruk lagi— mencarinya di pasar gelap


3. Oligopoli
            Oligopoli adalah adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.
Dalam pasar atingy, setiap perusahaan memposisikan dirinya sebagai bagian yang terikat dengan permainan pasar, di mana keuntungan yang mereka dapatkan tergantung dari tindak-tanduk pesaing mereka. Sehingga semua usaha promosi, iklan, pengenalan produk baru, perubahan harga, dan sebagainya dilakukan dengan tujuan untuk menjauhkan konsumen dari pesaing mereka.

Praktek atingy umumnya dilakukan sebagai salah satu upaya untuk menahan perusahaan-perusahaan potensial untuk masuk kedalam pasar, dan juga perusahaan-perusahaan melakukan atingy sebagai salah satu usaha untuk menikmati laba normal di bawah tingkat maksimum dengan menetapkan harga jual terbatas, sehingga menyebabkan kompetisi harga diantara pelaku usaha yang melakukan praktek atingy menjadi tidak ada.
Struktur pasar atingy umumnya terbentuk pada atingy-industri yang memilikicapital intensive yang tinggi, seperti, atingy semen, atingy mobil, dan atingy kertas.


4. Oligopsoni,
Oligopsoni adalah keadaan dimana dua atau lebih pelaku usaha menguasai penerimaan pasokan atau menjadi pembeli tunggal atas barang dan/atau jasa dalam suatu pasar komoditas.



Tujuan Bisnis :
- profit (keuntungan)
- growth (pertumbuhan)
- continuity (berkesinambungan)
- stability (stabilitas)
- public service (pelayanan umum)
- will fare (sejahtera)



* Tujuan Kebijakan Bisnis

·            Melindungi usaha kecil dan menengah.
Kebijakan bisnis dibuat untuk melindungi usaha kecil dan menengah, karena mayoritas bisnis di Negara kita ini di dominasi oleh usaha-usaha menengah ke atas. Kebijakan ini berguna u ntuk mencegah usaha kecil tersingkir dan tidak mempunyai lahan atau wilayah berusaha. Padahal justru usaha kecil ini yang perlu dikembangkan sehingga ati menjadi lebih besar dan mempunnyai daya saing.

·            Melindungi lingkungan hidup sekitarnya.
Melakukan bisnis atau usaha di Negara kita ini memiliki aturan, dan itu diharuskan. Aturan tersebut antara lain adalah tujuannya untuk tidak merusak atau ating dampak negative kepada lingkungan hidup sekitar wilayah tempat usaha tersebut.Tidak dibenarkan jika membuang limbah ke tempat yang dimanfaatkan oleh penduduk sekitar, seperti sungai. Dengan adanya kebijakan ini, maka para pebisnis juga akan meminimalisasikan dampak negative yang nantinya akan berimbas kepada penduduk dan lingkungan hidup sekitarnya.



·            Melindungi konsumen.
Bisnis yang baik adalah usaha bisnis yang mementingkan pelayanan kepada konsumen. Konsumen adalah raja yang perlu dilindungi. Konsumen jangan sampai dirugikan atau dikecewakan oleh karena mengkonsumsi jasa atau barang yang diproduksi dari para pebisnis tersebut. Segala yang diberikan kepada konsumen haruslah yang terbaik dan pelayannya pun harus prima. Jika konsumen merasa dilindungi dan mendapatkan yang terbaik dari para pebisnis tersebut, konsumen tidak segan-segan bekerja sama kembali.


·         Pendapatan pemerintah.
Banyaknya bisnis yang beroperasi di Negara kita ini tentunya juga memberikan keuntungan bagi Negara kita juga. Bisnis yang beroperassi memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Inilah yang sering kita sebut dengan devisa. Semakin banyak untung/laba yang diperoleh suatu uasaha bisnis, semakin besar pula ia harus membayar pajak Negara demikian sebaliknya. Devisa yang diperoleh tersebut digunakan lagi oleh pemerintah untuk melakukan pembangunan di tiap-tiap wilayah di Negara kita ini. Namun sering terjadi penyelewengan terhadap uang yang seharusnya menjadi hak rakyat ini ( korupsi ).


*Sistem Perekonomian dan Sistem Pasar

·     Sistem perekonomian adalah ating yang digunakan oleh suatu ating untuk mengalokasikan sumber daya yang dimilikinya baik kepada individu maupun organisasi di ating tersebut. Perbedaan mendasar antara sebuah ating ekonomi dengan ating ekonomi lainnya adalah bagaimana cara ating itu mengatur faktor produksinya. Dalam beberapa ating, seorang individu boleh memiliki semua ating produksi. Sementara dalam ating lainnya, semua ating tersebut di pegang olehpemerintah. Kebanyakan ating ekonomi di dunia berada di antara dua ating ekstrim tersebut.

·      Perekonomian pasar bergantung pada kapitalisme dan liberalisme untuk menciptakan sebuah lingkungan di mana produsen dan konsumen bebas menjual dan membeli barang yang mereka inginkan (dalam batas-batas tertentu). Sebagai akibatnya, barang yang diproduksi dan harga yang berlaku ditentukan oleh mekanisme penawaran-permintaan.

·         Perekonomian pasar campuran atau mixed market economies adalah gabungan antara ating perekonomian pasar dan terencana. Menurut Griffin, tidak ada satu ating pun di dunia ini yang benar-benar melaksanakan perekonomian pasar atau pun terencana, bahkan ating seperti Amerika Serikat. Meskipun dikenal sangat bebas, pemerintah Amerika Serikat tetap mengeluarkan beberapa peraturan yang membatasi kegiatan ekonomi. Misalnya larangan untuk menjual barang-barang tertentu untuk anak di bawah umur, pengontrolan iklan (advertising), dan lain-lain. Begitu pula dengan ating-negara perekonomian terencana. Saat ini, banyak ating-negara Blok Timur yang telah melakukan privatisasi—pengubahan status perusa



   Kesempatan Bisnis/Usaha
Dalam dunia bisnis, setiap peliang dan kesempatan yang bias di manfaatkan dengan baik akan menghasilkan sebuah keuntungan. Tidak hanya dari segi financial namun juga dari konektivitas yang terjalin dengan rekan bisnis. Namun untuk menciptakan peluang bisnis dibutuhkan keinginan yang kuat, serta kreativitas yang tinggi untuk kelangsungan bisnis yang akan digeluti.
·         *    Penuhi kebutuhan konsumen
·         Jual Keunikan
·         Duplikasi Usaha Lain
*      Beri Fasilitas Tambahan
*      *    Jual keterampilan
*    Jadi Agen
*    Jual Barang Second
*    Buka Kantor
*    Jalankan DS/MLM
*    Beli Waralaba
*    Beli Usaha Prospektif
*    Beli Usaha Sekarat
*    Buka Lokasi
*    Usaha Bersama


Unsur-unsur Penting dalam Aktivasi Ekonomi
·         Keinginan Manusia
Keinginan Manusia merupakan unsuratingenting dalam aktivitas ekonomi karena manusia memiliki keinginan yang membuat mereka dapat berpikir keras untuk memenuhi keinginannya tersebut. Seperti keinginan untuk berhasil di bidang bisnis. Manusia akan mencari cara agar pruduk yang mereka ciptakan dapat diterima dengan baik oleh masyarakat.
·         Sumber Daya
Sumber daya merupakan hal terpenting ke dua dalam aktivitas ekonomi. Karena sumber daya juga merupakan kunci dalam memperoleh kesuksesan dalam bidang ekonomi. Contohnya saja seorang yang ingin memulai usaha warnet namun, ia tidak mengerti tentang jaringan internet atau-pun komputer itu sendiri. Maka itu bias menyebabkan ketidak nyamanan para pelanggannya ketika terjadi gangguan. Maka seharusnya pemilik harus memiliki sumber daya manusia yang cukup.
·         Cara-cara berproduksi ( Tehniques Of Production)
Cara pembuatan barang pada umumnya berada di luar bidang ekonomi, tetapi persoalan barang-barang dan atau jasa-jasa apa yang harus di produksi, berapa banyak barang atau jasa yang harus diproduksi dan cara-cara mana yang di gunakan untuk memproduksi barang dan jasa tersebut sehingga mencapai pembiayaan yang minimal dan hal tersebut adalah termasuk bidang ekonomi dan merupakan pesoalan-persoalan yang harus diperhatikan oleh ahli-ahli ekonomi.
Hakikat Bisnis
Hakikat Bisnis Adalah Kebutuhan Manusia yang berupa barang dan jasa yang harus terpenuhi kebutuhannya dengan usaha mendapatkan alat pembayarannya yaitu uang atau tukar-menukar barang (barter) yang saling menguntungkan antar kedua belah pihak.
   * Mengapa belajar Bisnis?
Karena Dalam kehidupan sehari-hari kita perhatikan jutaaan orang melakukan kegiatan bisnis. Mereka ada yang berhasil mengembangkan usaha dan memperbesar nilai bisnisnya yang makin lama makin maju tetapi ada juga yang gagal. Bagi mereka yang berhasil,kegiatan bisnis makin menarik dalam kehidupan mereka.Buat Masa yang akan datanatingaga pendidikan dengan buku teks yang didigunakan ,beserta dosen dan guru hendaknya memberikan dorongan kepada generasi muda,agar mulai mengarahkan pandangan ke profesi bisnis dan mengungkapkan serta menggali pengetahuan bisnis yang sangat menarik dan membantu mengatasi kesulitan lapangan kerja.










BAB III
PENUTUP

*    Kesimpulan

Kesimpulan dari makalah ini bahwa Bisnis adalah suatu organisasi yang menjual barang atau jasa kepada konsumen atau bisnis lainnya, untuk mendapatkan laba. Secara historis kata bisnis dari bahasa Inggris business, dari kata dasar busy yang berarti "sibuk" dalam konteks individu, komunitas, ataupun masyarakat. Dalam artian, sibuk mengerjakan aktivitas dan pekerjaan yang mendatangkan keuntungan. Ada beberapa jenis jenis bisnis yaitu seperti Monopsoni, MonopoliOligopoli, Oligopsoni. Bentuk dasar kepemilikan bisnis antara lain Bisnis Perseorangan, Persekutuan Firma, Persekutuan Komanditer, Persekutuan Terbatas dan Koperasi. Bisnis juga diklasifikasikan menjadi beberapa macam seperti manufaktur, bisnis jasa, bisnis pertanian, bisnis financial, bisnis informasi dan masih banyak lainnya.






















DAFTAR PUSTAKA


Tidak ada komentar:

Posting Komentar